Senin, 30 Januari 2012

Bibit jabon merah : salah satu bibit tanaman yang saat ini banyak di cari oleh para petani maupun pengusaha perkebunan adalah bibit jabon merah . seperti yang sudah dibahas dalam berbagai  tulisan maupun artikel  yang lalu mengenai keuntungan menanam bibit jabon merah dan bibit jabon putih.
sosis jabon merah
pada artikel kami yang lalu sudah kita ketahui bahwa jabon merah memiliki berbagai  kelebihan bila dibandingkan dengan jabon putih, kelebihan jabon merah ini antara lain adalah  kualitas kayunya yang lebih memiliki corak yang bagus dan memiliki kekerasan dibandingkan jabon putih . tanaman jabon merah juga kurang di sukai oleh ulat penggulung daun yang sering menjadi momok bagi pekebun kayu jabon putih ,  akan tetapi jabon merah  memiliki kelemahan dalam hal usia panen yang relatif lebih lama apabila dibandingkan dengan jabon putih.

apabila jabon putih mulai bisa dipanen di usia 5-7 tahun maka jabon merah biasanya mulai dipanen usia sekitar 8 sd 10 tahun.  kayu jabon merah sangat cocok dibuat face and back atau lapisan luar dan belakang kayu lapis  furniture kayu jabon
dengan melihat berbagai keunggulan bibit  jabon merah dan jabon putih, maka kami juga mulai mengembangkan dan menanam kedua jenis tanaman tersebut dengan sistem polikultur atau  dicampur, metode  ini diharapkan akan membuat keanekaragaman hayati dalam suatu ekosistem meningkat. dengan demikian intensitas serangan hama akan bisa kita minimalisir  tanpa merusak sistem keseimbangan alam.

2 komentar:

  1. Tolong kasih tau alamat kelompok tani cimalaka yang menjual bibit jabon merah. Trims

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus